Semenjak datangnya virus korona yang tak terlihat ini aku diliburkan sekolah. Eh, sebenarnya bukan libur sekolah sih, tapi sekolah dari rumah hehehe. Aku sekolah dari jam 07:30 sampai jam 14:00, jadi masih ada waktu untuk bermain. Kalau bermain bosan, tapi ingin tidur tidak ngantuk. Jadi aku ingin mencari kesibukan lain agar aku bisa memanfaatkan waktu. Teringat tawaran dari bunda yang pernah menawarkan untuk mengajari membuat blog. Jadi ingin belajar cara membuat blog. Kebetulan bundaku adalah seorang narablog. Sudah banyak cerita yang beliau post di blog miliknya.

 

Aku belum mempunyai blog, tapi ingin sekali memilikinya. Tahun lalu pernah meminta tolong bunda untuk dibuatkan blog. Tapi, entah apa hambatannya hingga sampai sekarang belum kesampaian. Jadi, aku memutuskan untuk minta diajarkan lagi oleh bunda agar bisa mempunyai blog. 

 

Pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020 

Aku bertanya kepada bundaku apakah beliau bersedia untuk mengajariku cara membuat blog.

“Bunda, ajarin kakak cara membuat blog dong?” tanyaku.

“Iya. kalau mau, kakak harus cari dulu nama yang bagus untuk blog kakak” jawab bunda..

“Iya, kakak mau cari dulu deh” jawabku.

 

Hari itu aku mencari nama yang bagus untuk blogku. Setiap hari aku mencari nama yang bagus untuk blogku dan aku tulis di buku catatanku. Setelah beberapa hari aku menemukan beberapa nama untuk dipilih. aku memutuskan untuk menyetor nama-nama yang sudah aku cari. 

“Bunda, ini nama-nama yang sudan Kakak cari” ucapku sambil menyodorkan buku catatanku.

Bunda membaca catatan yang sudah kutulis. Tidak lama kemudian, bunda memanggilku dan berkata

“Kak, yang ini saja nama untuk blognya” kata bunda sambil menunjukkan salah satu nama.

“Iya kakak juga maunya yang itu” jawabku.

 

Sabtu 05 September 2020. 

Setelah selesai sholat Subuh dan mandi, aku mengajak bunda untuk mengajariku membuat blog hari itu juga.

“Bun, ajari cara bikin blognya sekarang ya. Kan kakak Sudah punya namanya?” tanyaku.

Bunda mengangguk tanda setuju. 

“Yeay” seruku semangat.

 

Bagaimana tidak semangat, minta diajarkan membuat blognya saja sudah dari kapan tau. Tapi dibuatkannya baru sekarang. Setelah menyiapkan perangkat untuk membuat blognya, aku pun mulai diajarkan caranya satu persatu.

Pertama. Aku diterangkan beberapa hal tentang blog.

Kedua. Memilih program pembuat blog. Untuk yang ini, aku dipilihkan Bunda. Yaitu WordPress.org.

Ketiga.  Aku diajarkan untuk mengecek nama domain yang diinginkan kita agar tidak samaan dengan orang lain. Banyak situs yang menyediakan layanan untuk mencari nama Domain dan Top Level Domain (TLD). Diantaranya adalah Niagahoster, IDwebhost, Hostinger, Freehostia, dan lain-lain. Tapi, Bundaku memilih Niagahoster.

 

Keempat. Memilih Top Level Domain (TLD), diantaranya adalah .com, .xyz, .co.id, .id, dan .org. Kalau aku memilih .com kalau kamu?

Kelima. Setelah memiliki blog, aku diterangkan kembali mengenai cara-cara untuk menulis di blog, menyeting tampilan, dan lain-lain.

Setelah blog selesai dibuat, bundaku memberi target kepadaku. Yaitu rutin menulis paling sedikit adalah dua kali dalam satu pekan. Bunda juga memberi syarat jika ingin menulis cerita, paling sedikit 500 kata. Lebih banyak, lebih baik. Lalu aku juga diberi penjelasan tambahan mengenai tulisan. 

Sekarang aku sudah mempunyai blog sendiri. Senang sekali rasanya bisa mempunyai blog yang bisa dibaca oleh banyak orang.

Oh iya, kalian baca juga ya ceritaku yang lainnya ….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2021 Anbita | Hak cipta dilindungi hukum